Bahan

Bahan untuk membuat kue nastar banyak tersedia di pasar tradisional maupun modern. Inilah sejumlah bahan yang harus disiapkan sebelum anda membuat kue nastar.

Buah Nanas

Tiga Nanas Bermahkota 08

Buah nanas adalah buah tropis

Dalam pembuatan kue nastar, buah nanas digunakan sebagai isi kue nastar. Buah nanas ini harus diolah dulu menjadi selai nanas dengan cara memasak campuran nanas yang sudah diparut dengan gula.

Buah nanas adalah jenis buah tropis, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil nanas terbesar. Perkebunan nanas terluas di Indonesia terdapat di Lampung Tengah. Kebun nanas ini dikelola oleh sebuah perusahaan swasta PT. Great Giant Pineapple.

 

Gula Pasir

Gula Putih

Gula pasir dibuat dari tebu, bit, atau ketela pohon

Gula pasir digunakan sebagai campuran buah nanas untuk membuat selai nanas. Jumlah pemakaian gula pasir bisa bervariasi tergantung tingkat kemanisan yang diinginkan.

Gula pasir di Indonesia biasanya dibuat dari tebu, di negara lain gula pasir ada juga yang dibuat dari bit atau ketela pohon. Kebun tebu dan pabrik gula di Indonesia tersebar di pulau Jawa dan Sumatera.

Telur Ayam

Telur Ayam

Nastar hanya membutuhkan kuning telur

Kue nastar membutuhkan kuning telur ayam dalam pembuatan adonan dan olesan.

Telur ayam yang beredar di pasar saat ini banyak dihasilkan oleh peternakan ayam skala besar dan jenisnya adalah telur ayam ras. Telur ayam kampung yang diproduksi peternakan tradisional lebih sulit diperoleh dan harganya lebih mahal daripada telur ayam ras.

Margarin

Margarin 01Margarin digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan adonan kulit nastar. Pemakaian margarin bisa juga dikombinasi dengan butter atau mentega.

Margarin adalah lemak yang dibuat dari tumbuhan, kebanyakan dibuat dari kelapa sawit. Indonesia adalah salah satu penghasil kelapa sawit terbesar. Perkebunan kelapa sawit banyak terdapat di Sumatera dan Kalimantan.

 

Mentega / Butter

MentegaSelain margarin, butter juga digunakan dalam membuat adonan kulit nastar. Perbandingan pemakaian margarin dan butter bervariasi tergantung selera.

Butter atau mentega adalah lemak yang berasal dari hewan, biasanya dari sapi. Sebagian besar  butter yang beredar di Indonesia di import dari Australia, Belanda, dan Selandia Baru.

 

Tepung Terigu

Tepung TeriguTepung terigu selalu digunakan dalam pembuatan kue atau roti, begitu pula untuk membuat nastar. Pemakain tepung terigu untuk membuat nastar bisa dikombinasi dengan tepung maizena.

Tepung terigu dibuat dari gandung yang digiling halus. Karena gandum adalah tumbuhan sub tropis maka Indonesia mengimpor seluruh kebutuhan tepung terigu baik berupa gandum atau ataupun terigu.

Itulah bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat kue nastar. Disamping bahan-bahan tersebut masih ada bahan tambahan lain yang pemakaiannya sangat sedikit seperti kayu manis, cengkeh, vanilla, dan garam.

Leave a Reply