Alat

Alat apa saja yang diperlukan untuk membuat kue nastar? Hampir semuanya sudah ada di dapur anda, coba periksa daftar peralatan yang dibutuhkan berikut ini. Alat-alat yang dipakai saya kelompokkan menjadi dua yaitu alat wajib dan alat pelengkap. Alat wajib harus ada, kalau tidak tersedia maka kue nastar tidak akan menjadi kenyataan. Alat pelengkap bagus kalau ada, tetapi tanpa alat ini anda tetap bisa mewujudkan impian membuat kue nastar.

Alat wajib

Pisau

Pisau DapurAlat ini dipakai untuk mengupas dan memotong nanas, juga untuk membuang mata nanas. Jenis dan ukuran pisau yang digunakan tergantung bahan yang akan dipotong. Untuk membuat kue nastar bisa dipakai jenis pisau apapun, yang penting ukurannya tidak terlalu besar. Usahakan menggunakan pisau yang cukup tajam untuk memudahkan pekerjaan mengupas kulit nanas dan membuang mata nanas.

Parut

Parut04Untuk membuat kue nastar anda juga wajib punya parut supaya bisa memarut nanas yang sudah dikupas, dibuang matanya, dan dipotong. Jenis parut juga ada bermacam-macam, silahkan pakai parut yang sudah anda miliki, syaratnya adalah parut itu masih bisa dipakai. Hati-hati untuk yang tidak terbiasa menggunakan parut karena bisa melukai tangan anda. Jika ragu-ragu silahkan gunakan blender sebagai pengganti parut.

Kompor

KomporGas01Gunakan kompor yang sudah ada di dapur anda, bisa kompor gas, bisa kompor listrik, atau kompor minyak tanah (kalau masih ada). Kompor digunakan untuk memanaskan parutan nanas saat membuat selai nanas.  Kompor juga digunakan untuk memanaskan oven (kecuali anda menggunakan oven listrik atau oven gas) saat memanggang adonan nastar yang sudah dicetak.

Panci/Wajan/Pan

Anda tidak perlu menggunakan ketiga alat itu, cukup pilih salah satu yang menurut anda paling praktis. Alat ini digunakan untuk memasak parutan nanas saat membuat selai nanas. Penggunaan wajan atau pan memudahkan kita saat mengaduk parutan nanas dibandingkan jika kita menggunakan panci, tetapi dengan panci maka cipratan nanas parut bercampur gula akan bisa dikurangi sehingga kompor dan lantai tidak kotor dan lengket.

Timbangan

Timbangan DigitalTimbangan mutlak diperlukan untuk mengukur kuantitas bahan-bahan yang dipakai sesuai dengan yang disarankan resep. Resep biasanya menyatakan kuantitas bahan dalam satuan gram. Anda bisa gunakan timbangan manual yang menggunakan pegas dan jarum sebagai indikator berat, atau menggunakan timbangan digital bertenaga baterai dengan indikator berat berupa angka.

Mixer

Mixer 001

Alat ini dipakai untuk mengocok bahan-bahan adonan sehingga tercampur dengan sempurna. Anda bisa memakai mixer otomatis berpenggerak listrik dan bisa juga menggunakan mixer manual berpenggerak tangan.

Untuk membuat kue nastar sebenarnya kita tidak perlu mengocok bahan terlalu lama, jadi memakai mixer manual pun sudah mencukupi.

Ada banyak jenis dan merek mixer otomatis di pasaran. Mixer untuk keperluan rumah tangga berbeda dengan mixer untuk industri. Mixer industri bisa dipakai untuk jangka waktu yang lebih lama.

 

Oven

Oven Listrik 01

Oven listrik memiliki pengatur suhu dan waktu

Memanggang nastar tentu saja harus memakai oven, bisa oven biasa yang dipanaskan di atas kompor, bisa juga oven listrik atau oven gas. Keuntungan oven listrik dan gas adalah tersedianya tombol pengatur suhu dan pengatur waktu. Pengatur suhu penting karena setiap makanan memerlukan suhu tertentu untuk memasaknya. Pengatur waktu berguna untuk menghindari kue nastar kita gosong karena lupa diangkat.

 

 Alat pelengkap

Gunting

Gunting01Dalam proses pembuatan nastar, gunting hanya digunakan untuk membuka kemasan bahan seperti bungkus gula, bungkus tepung terigu, dan bungkus bahan lain. Untuk membuka bungkus tentu saja tidak harus menggunakan gunting, bisa juga dengan pisau atau bahkan tanpa alat sama sekali.

 

Ada juga model nastar berbentuk nanas yang menggunakan gunting untuk membentuk pola kulit nanas pada kue nastar.

Sekop Loyang

Sekop LoyangSekop loyang digunakan untuk mengangkat kue nastar panas yang baru selesai dipanggang dari loyang. Hindarkan penggunaan sekop yang terbuat dari plastik karena bisa meleleh terkena loyang panas. Pisau yang lebar bisa juga menggantikan fungsi sekop ini.

Jika anda cukup sabar menunggu nastar sampai dingin tentu saja tidak memerlukan sekop atau pisau.

Sendok Ukur

Sendok Ukur BahanSendok ukur ini dipakai sebagai alat untuk menakar bahan-bahan yang kebutuhannya sangat sedikit. Di sejumlah resep masakan ada bahan yang menggunakan satuan milliliter, sendok ukur ini memiliki berbagai ukuran sesuai kebutuhan tersebut. Tetapi jangan kuatir, tanpa sendok ukur anda tetap bisa membuat kue nastar, ada alternatif lain yaitu menggunakan sendok teh atau sendok makan.

Termometer

Thermometer OvenSejumlah resep menyebutkan suhu tertentu yang dipersyaratkan supaya masakan atau kue yang dihasilkan optimal. Untuk mengontrol suhu yang diperlukan bisa digunakan termometer khusus untuk oven. Penggunaan termometer ini tidak wajib karena ada juga oven yang sudah sudah dilengkapi dengan termometer. Suhu yang dipersyaratkan juga biasanya tidak terlalu ketat sehingga bisa diperkirakan dengan cara mengatur besar kecilnya api kompor.

Toples

Toples PlatikFungsi toples adalah untuk menampung kue nastar hasil karya anda. Anda bisa gunakan toples yang terbuat dari gelas atau plastik. Masukan kue nastar dalam toples dan tutup setelah nastar dingin.

Kenapa toples tidak wajib digunakan? Kue nastar biasanya tidak bertahan lama, bukan karena kadaluarsa tetapi karena habis dimakan sebelum dimasukan kedalam toples.

 

Leave a Reply