Hariyati R. Suryaman

November 19, 2015

images
Amir menganggap dirinya sudah sukses karena ia sudah memiliki kedudukan yang mapan dan penghasilan yang tak terbatas. Sedangkan Cintya merasa sudah sukses karena kariernya sebagai artis begitu cemerlang. Lain lagi dengan Wahyu yang merasa sukses, padahal ia hanya seorang DO dari perguruan tinggi Negeri terkenal, lalu membuka jasa bimbel dan menghasilkan murid-murid yang bisa lolos PTN terkenal di seantero Indonesia, walau ia belum memiliki rumah dan mobil sebagai “lambang” kesuksesan.
Lalu ada juga Hasan yang sudah mencapai kedudukan sebagai pengusaha roti dengan 15 karyawan, dan 3 cabang toko roti tapi ia merasa belum sukses !
Lalu apa sih sebetulnya definisi KESUKSESAN ? atau SUKSES ?
Dari beberapa contoh di atas dan beberapa responden yang penulis temui, rata-rata mengatakan bahwa sukses adalah ;
– Memiliki uang tanpa kekurangan
– Memiliki jabatan tinggi
– Mencapai kepopuleran
– Mendapat semua yang diinginkan

Apakah dengan definisi tersebut, artinya orang yang tidak memiliki uang berlebih dianggap tidak sukses ? lalu tidak menduduki jabatan tinggi juga bukan seorang yang sukses ? Bahkan yang tidak populerpun bukan seorang yang sukses….
Menurut saya , kesuksesan itu adalah sebuah pencapaian masing-masing pribadi dalam sebuah target yang dimiliki dan hidup bahagia dengan pencapaiannya
Contoh konkretnya seorang ibu rumah tangga yang pyur asli hanya bekerja untuk keluarga, ia adalah seorang pribadi yang sukses. Karena ia memiliki target/pencapaian ; Anaknya tumbuh sehat, kondisi rumah bersih dan terkendali, kebutuhan suami dan anak-anak siap setiap hari. Bukankah wajar jika seorang ibu rumah tangga merasa sukses dengan versinya ?
Jadi kesimpulannya kesuksesan hanya bisa diukur oleh masing-masing pribadi , apa pencapaian yang ia targetkan sukses secara materiil atau imateriil ?
Semoga saja kita bisa merasa sukses dengan cara kita masing-masing bukan menjadi sukses karena ukuran orang lain.
Salam sukses !!!

Leave a Reply